Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program
Home » » YUI Profile

YUI Profile

Yui adalah seorang musisi yang multitalenta, dia merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, aktris, komposer, serta penyiar radio.

Nama Asli: Yui Yoshioka
Zodiak : Aries
Shio : Kelinci
Hobi : Menonton film, membaca buku, bermain bulu tangkis
Tinggi badan : 155 cm
Golongan darah : AB
Tempat favorit : pantai Shingu di Fukuoka

Awal Mula
Yui lahir di Fukuoka, Jepang. Associated Press melaporkan bahwa nama lengkapnya adalah "Yui Yoshioka", tetapi Yui dan label rekaman belum mengkonfirmasi hal ini. 
Dia dibesarkan di sebuah keluarga single parent, ayahnya meninggalkan ibunya saat ia berusia tiga tahun. Dia menyatakan bahwa dia akan selalu dekat dengan musik, dia selalu ingat keukan musik yang dia dengarkan di radio, dan bisa menyanyikannya. Pada saat dia masih di sekolah dasar dia ingin menjadi penyanyi.

Dirinya digambarkan sebagai anak yang pemalu dan tidak suka berbicara dengan orang lain, dia selalu bermain di luar sendirian di gunung, sungai, tepi laut dan di sawah. Pada tahun ketiga., Ia dipengaruhi oleh ibunya untuk mulai menulis sebuah jurnal perasaannya dan mencoba menyusun ke dalam puisi. Pada saat ia masih di SMA, ia mulai menulis lagu, dan dia memikirkan hal itu sebagai alat untuk mengekspresikan dirinya sendiri sedikit demi sedikit. Sementara di SMA, ia bekerja paruh waktu di sebuah restoran Cina untuk membantu membayar uang sekolah. Dengan beban kerja, dia pikir dia tidak lagi punya waktu untuk mewujudkan impian nya di karir musik. Sebagai contoh, antara musik, sekolah dan bekerja, dia hanya punya satu atau dua jam tidur, dia akhirnya sering jatuh sakit. Sementara di rumah sakit, ia kewalahan dengan keinginan untuk membuat musik dan akhirnya memutuskan bahwa sekolah dan musik tidak bisa dilakukan bersamaan. Yui tidak ragu untuk putus sekolah tinggi dan mulai belajar gitar dan menulis lagu di kota kelahirannya Fukuoka. Dia bercita-cita untuk menjadi seorang profesional, ia turun ke jalan melakukan pertunjukan di Stasiun Tenjin Fukuoka. Pertunjukan ini membantu Yui untuk mengatasi sifat pemalunya.



2004: Awal Karir
Karir profesionalnya dimulai pada Maret 2004 ketika mendapat rekomendasi dari juku nya (guru privat), ia diminta untuk mengikuti sebuah audisi yang diadakan oleh Sony Music Japan. Meskipun aturan audisi peserta hanya bisa membawakan dua lagu., Yui diizinkan untuk menyanyi tiga . Dia pertama kali menyanyikan "Why Me" (lagu kemudian dimasukkan dalam lagu single di Sony Rekaman), diikuti oleh "It's Happy Line" dan "I Know". Para juri memberikan nilai tinggi. Lagu dapat ditemukan dalam sebuah film Taiyo no Uta yang aktor utamanya dia sendiri, dia juga membawakan lagu "Goodbye Day" di film tersebut.
Pada tanggal 24 Desember 2004, dia merilis single pertamanya, "Ini Happy Line", di bawah Leaflet Records label indie, ditambah dengan lagu "I Know". Tetapi hanya dapat menjual sebanyak 2.000 copy di Fukuoka. 

2005-2006: Rilis Album From Me to You
Setelah meninggalkan kota kelahirannya Fukuoka dan pergi ke Tokyo, Yui menulis lagu "Feel My Soul" sebagai penghargaan terhadap kampung halamannya. Meskipun awalnya ia telah merencanakan merilis pada label indie, Mr Yamaguchi yang seorang produser di Fuji Television begitu terinspirasi oleh suara Yui bahwa ia ingin bekerjasama untuk mengisi musik di film drama Fukigen na Gene garapan Mr Yamaguchi. Musik di Fukigen na Gene akhirnya berdasarkan lagu-lagu "Feel My Soul" dan "It's Happy Line".

Pada tanggal 23 Februari, Yui merilis album pertamanya "Feel My Soul". "Feel My Soul" berhasil menjual lebih dari 100.000 copy dan berhasil naik di peringkat 8 di Oricon Weekly Charts di minggu pertama. Berikutnya tiga single, "Tomorrow's Way" (lagu tema untuk film Hinokio), "Life" (lagu penutup untuk anime Bleach), dan "Tokyo" tidak cukup sukses dibanding "Feel My Soul". Setelah merilis empat single, Yui merilis album debutnya, yang berjudul From Me to You, album tersebut berhasil dengan hasil penjualan lebih dari 200.000 copy.

2006-2007: Rilis Album Can't Buy My Love
Yui memulai debut aktingnya dalam film Taiyou no uta, yang dirilis pada tanggal 17 Juni 2006. Film ini diputar di Cannes Film Festival 2006. Dia akhirnya menghadiri Japan Academy Prize dan memenangkan Best Newcomer Award untuk Midnight Sun. Sebelum peluncuran film, Yui lebih dahulu merilis single kelima "Good-bye Days" yang ditulis secara khusus untuk film tersebut. Single ini terjual lebih dari 200.000 copy.

Single berikutnya, "I Remember You", penjualan lagunya sangat baik, seperti pada popularitas lagu "Good-bye Days". Single ketujuh Yui "Rolling Star" dipilih sebagai lagu pembuka untuk anime Bleach. Single kedelapannya, "Cherry" adalah lagu yang digunakan sebagai promosi oleh KDDI, Listen Mobile Service.

Dia merilis album kedua Can't Buy My Love pada tanggal 4 April 2007. Album ini selama dua minggu mendapat peringkat nomor 1 di tangga lagu Oricon, dan memecahkan rekor penjualan seluruh album sebelumnya dalam satu minggu. Can't Buy My Love berhasil menjual lebih dari 680.000 copy. 


2007-2008: Rilis Album I Love Yesterday
Yui merilis single ke-9 "My Generation/Understand" pada 13 Juni 2007. "My Generation" dipilih sebagai lagu penutup untuk drama TV Seito Shokun!, Dan "Understand" dipilih sebagai lagu untuk film Dog in a Sidecar (dibintangi oleh Yūko Takeuchi dari Stardust Promotion). Single ini langsung naik ke peringkat 1 di Oricon Weekly Charts di minggu pertama rilis. Single kesepuluhnya, "Love & Truth" dirilis pada tanggal 26 September 2007. Lagu tersebut dipilih sebagai lagu untuk film Closed Note (dibintangi Erika Sawajiri, juga dari Stardust). DVD live konser pertamanya Thank You My Teens dirilis pada 14 November 2007, yang berisi cuplikan dari tur konser live kedua. Pada tanggal 19 November 2007, Yui membuka acara live pertama dia di Nippon Budokan, yang langsung terjual habis.


Pada 2008 Yui merilis single kesebelasnya, "Namidairo", dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Seminggu setelah perilisan single 11-nya, video promosi lagu baru "Laugh Away", dirilis. Lagu ini digunakan dalam "Watering KissMint" Glico komersial. "Laugh Away" dirilis sebagai sebuah single digital pada tanggal 10 Maret 2008.

Album ketiganya dirilis pada tanggal 9 April 2008 berjudul I Loved Yesterday. Dengan cepat naik peringkat 1 di Oricon Weekly Charts dan terjual lebih dari 400.000 copy, hanya sedikit di belakang rekor penjualan album kedua. Lagu ke-10 di album, berjudul "Oh Yeah", digunakan sebagai lagu pembuka untuk Mezamashi TV, sebuah acara televisi pagi. Tur ketigaYui, bernama "Oui: I Loved Yesterday" dimulai pada bulan Mei 2008 sampai Juli.

2008-2010: Rilis Album Holiday in the Sun
Pada tanggal 2 Juli 2008, Yui merilis "Summer Song". Lagu ini langsung naik di peringkat 1 di Oricon Weekly Charts. "Summer Song" terjual 83.440 kopi dalam minggu, membuat "Summer Song" tertinggi kedua dalam penjualan minggu pertama setelah "Love & Truth". Dalam blognya "Diary Yui" pada tanggal 29 Agustus 2008, Yui menyebutkan bahwa ia akan berhenti sebentar, tidak mengadakan konser setelah rilis album. Dengan istirahat ini, ia akan mampu berkonsentrasi penuh pada rencananya untuk tahun berikutnya. Selama istirahat ini, ia ikut menulis lagu "I Do It" dengan Okinawa girl band Stereopony. Album ini dirilis sebagai single ketiga Stereopony pada 22 April 2009.


Yui mengumumkan pada tanggal 25 Maret 2009 pada website resmi, bahwa telah merilis single untuk merayakan kembalinya yang berjudul "Again". Lagu ini dipilih sebagai lagu pembuka pertama dari Fullmetal Alchemist Brotherhood anime, perdana pada tanggal 5 April 2009. Single ini dirilis pada 3 Juni 2009. "Again" memulai debutnya di puncak tangga lagu Oricon, menjual lebih dari 110.000 copy di minggu pertama. Hal itu mendapat rekor highest opening week sales untuk musisi perempuan pada tahun 2009.

Situsnya YUI-net.com mengumumkan perilisan single kedua double-A side yang bernama "It's All Too Much/Never Say Die" pada tanggal 27 Juli 2009. Dua lagu yang ditampilkan dalam film adaptasi dari Kaiji baik sebagai tema dan lagu insert. Single ini dirilis pada tanggal 7 Oktober 2009 dan Kaiji dirilis pada tanggal 10 Oktober 2009. Single debut nomor 1, menjual 75.000 copy dalam minggu pertama penjualan. Yui merilis "Gloria" pada tanggal 20 Januari 2010. Yang mencapai penjualan 80.000 copy di minggu pertama. Single berikutnya, "To Mother" dirilis pada tanggal 2 Juni 2010.


Pada tanggal 14 Juli 2010, Yui merilis album keempatnya "Holidays in the Sun", yang meliputi lima single dia dari "Summer Song" sampai "To Mother". Ini menjadi keempat album yang menduduki peringkat pertama di tangga lagu Oricon, akhirnya menjual lebih dari 300.000 eksemplar, dan mencapai sertifikasi Platinum.

2010-2012: Rilis Album How Crazy Your Love
 DVD tur Yui, Holidays in the Sun dirilis pada 9 Maret. Single terbaru, "Hello (Paradise Kiss)", dirilis pada tanggal 1 Juni 2011, A-side dan B-side menjadi lagu tema dan lagu penutup dari "Paradise Kiss" live-action film. Pada tanggal 16 Juni 2011, Yui ke Hong Kong untuk konser pertama di luar negeri-nya di AsiaWorld-Expo Arena, yang mencapai kapasitas penonton 14.000 orang.

Yui mengunjungi sekolah-sekolah di daerah yang terkena gempa dari Tohoku 2011 dan tsunami pada tanggal 7 Juli 2011, dan melakukan konser amal. Single "Green a.Live" didedikasikan untuk bencana tersebut. Lagu tersebut dirilis pada tanggal 5 Oktober 2011. Lagu "Green a.Live" memulai debutnya di puncak tangga lagu, dan menjadi satu single lagunya sejak Juli 2010.


Pada tanggal 2 November 2011, album How Crazy Your Love dirilis. Albumtersebut naik dperingkat satu di tangga lagu harian, menjual hanya di bawah 50.000 copy pada hari pertama rilis, dan akan terus naik keperingkat nomor satu di tangga lagu mingguan. Yui memulai tur kelimaya pada tanggal 11 November 2011 untuk mempromosikan album baru-baru ini.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar